Daya Hasil, Keragaman Genetik Alami dan Heritabilitas Sifat-Sifat Kuantitatif Kacang Hijau (Vigna radiata L. Wilczek) Varietas Lokal Jamdena.

14/07/2013 21:40

ABSTRAK

 

Daya Hasil, Keragaman GenetikAlami dan Heritabilitas Sifat-sifat Kuantitatif Kacang Hijau (Vigna radiata L. Wilczek) Varietas Lokal Jamdena

 

Kacang hijau varietas lokal Jamdena merupakan salah satu varietas di Maluku yang telah lama dibudidayakan oleh petani di Pulau Jamdena Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Keunggulan varietas ini adalah dapat tumbuh pada kondisi sangat basah dan beradaptasi spesifik terhadap sistem pertanian organik. Penelitian untuk mengkaji daya hasil, keragaman genetik dan heritabilitas sifat-sifat kuantitatif populasi varietas lokal Jamdena ini telah dilaksanakan menggunakan rancangan acak lengkap berblok. Hasil penelitian memperlihatkan daya hasil beberapa galur alami populasi varietas lokal Jamdena memiliki produksi melampaui daya hasil varietas unggul No.129, memiliki keragaman genetik yang luas, dan heritabilitas yang sedang hingga tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa populasi varietas lokal Jamdena dapat digunakan sebagai sumber plasma nutfah untuk menciptakan varietas unggul baru.

Kata kunci : kacang hijau, varietas lokal Jamdena, daya hasil, keragaman genetik, heritabilitas.

 

Dipublikasikan pada: Jurnal Pertanian Kepulauan, Vol.2. No. 2, Oktober 2003 : (100 - 105)