Penggunaan informasi kekerabatan dan analisis lintas untuk seleksi hasil dan ukuran biji kedelai (Glycine max L. Merrill)

14/07/2013 21:58

Seleksi hasil dan ukuran biji kedelai berbasis informasi kekerabatan dilakukan pada generasi Seleksi S3 . Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kriteria seleksi hasil dan ukuran biji, untuk menyusun indeks seleksi,dan untuk menduga respon seleksi berbasis informasi kekerabatan dari suatu percobaan berdasarkan metode seleksi silsilah Generasi Seleksi S3 persilangan varietas Slamet × Nakhonsawan. Hasil penelitian memperlihatkan: (1) jumlah biji bernas merupakan kriteria seleksi bagi hasil biji dan ukuran biji, (2) koefisien determinasi  model  indeks seleksi  tergolong rendah, yang disebabkan oleh perbedaan antara nilai-nilai fenotipik beberapa individu dengan keragaan yang buruk berada dalam famili-famili   dengan keragaan terbaik, yang terpilih melalui penggunaan model indeks seleksi berbasis informasi ke kerabatan, dan (3) Respons seleksi tergolong tinggi untuk hasil biji tinggi, namun rendah untuk ukuran biji, sehingga seleksi lebih lanjut untuk hasil biji masih perlu dilakukan pada generasi berikutnya, sedangkan seleksi untuk ukuran biji dapat diakhiri.

Artikel saya mengenai penggunaan informasi kekerabatan dan analisis lintasan untuk seleksi hasil biji dan ukuran biji kedelai ini dapat dibaca pada tautan berikut:  SABRAO Journal of Breeding and Genetics Vol. 43 No. 2 Dec. 2011.